zmedia

PELUANG USAHA

Melihat,  mencari dan bertindak terhadap peluang usaha yang tersedia adalah Peluang bisnis dan dapat  dijelaskan sebagai suatu ide yang menarik atau usulan bisnis yang memberi kemungkinan untuk memberikan hasil bagi investor atau seseorang yang mengambil resiko. Peluang seperti itu diwakili oleh persyaratan.


Peluang Bisnis dapat dijelaskan sebagai ide investasi atau usulan usaha yang menarik yang memberi kemungkinan untuk memberikan hasil atau keuntungan bagi seseorang yang memiliki resiko. Peluang seperti itu digambarkan oleh persyaratan dan mengarah ke penyedian suatu usaha produk atau usaha jasa yang dibuat atau ditambahkan nilainya untuk keperluan pembeli atau pengguna akhir.

Suatu ide yang bagus belum tentu merupakan peluang usaha atau bisnis yang baik. Sebagai contoh, Anda menciptakan suatu produk yang bagus dari segi teknis namun pasar belum siap untuk produk itu. Atau ide itu tidak masuk akal, tetapi tingkat persaingan dan sumber daya yang dibutuhkan sedemikian rupa sehingga tidak layak untuk dilanjutkan. Kadang-kadang bahkan adapasar yang siap untuk ide itu, tetapi pengembalian investasi tidak dapat diterima. Untuk lebih lanjut, pertimbangkan fakta bahwa lebih dari 80 % semua produk baru gagal. Memang, bagi para investor atau penanam modal, ide itu kelihatan bagus, namun jelas tidak tahan uji terhadap pasar. Jadi, apa yang mengubah suatu ide menjadi peluang usaha  ? jawaban sederhana adalah bila pendapatan melebih biaya disebut laba. Karakter Dari Suatu Peluang Usaha Yang Bagus

Suatu peluang usaha harus memenuhi, atau mampu memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut : 

a. Permintaan yang nyata, yaitu : merespon kebutuhan yang tidak dipenuhi atau mensyaratkan               pelanggan yang mempunyai kemampuan untuk membeli dan bisa memilih.

b. Pengembalian investasi (return on investment) yaitu memberikan hasil dalam jangka waktu cepat,     lama dan tepat waktu.

c. Kompetitif yaitu dapat mengimbangi/lebih baik, atau sama dari sudut pandang pelanggan                   dibandingkan dengan produk atau jasa yang tersedia.

d. Mencapai tujuan yaitu memenuhi tujuan dan aspirasi dari orang atau organisasi yang mengambil     resiko 

e. Ketersediaan sumberdaya dan keterampilan, yaitu terjangkau oleh penguasa dari segi sumberdaya,    kompetensi, persyaratan hukum

Mengidentifikasi dan Menilai peluang usaha Ide dan Peluang  harus disaring dan dinilai untuk kelayakannya setelah ide dan peluang diidentifikasi atau dihasilkan. Ini bukan tugas yang mudah dan juga sangat penting. Hal ini dapat membedakan antara berhasil dan gagal, antara membuat kaya atau melenyapkan apapun yang anda miliki. Mengidentifikasi dan menilai peluang usaha pada intinya menentukan resiko dan hasil/imbalan yang menggambarkan beberap faktor seperti di bawah ini: 

a. Kondisi industri dan pasar

b. Lamanya masa peluang produk

c. Tujuan pengusaha dan kompetensi yang dimiliki pengusaha

d. Pengelola tim

e. Persaingan

f. Modal, Teknologi dan Sumberdaya

g. Kondisi Lingkungan (politik, ekonomi, hokum, kebijakan pemerintah

Posting Komentar untuk "PELUANG USAHA"